Selasa, 24 November 2009

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

BAB 1

PENDHULUAN

 

  1. LATAR BELAKANG

Manusia adalah mahkluk yang diciptakan oleh tuhan dengan berbagai macam karakter dan sifat, sesuai dengan fase perkembangan dan pertumbuhannya. Untuk mempelajari perkembangan dan pertumbuhan yang ada pada manusia itu sendiri, dipelajari lewat psikologi. Psikologi perkembangan adalah salah satu bagian dari ilmu psikologi yang mempelajari secara khusus mengenai perkembangan manusia dari fase-fasenya. Perkembangan dan pertumbuhan mempunyai arti proses prubahan secara berkesinambungan dari lahir sampai mati. Perkembangan adalah perubahan kearah yang lebih maju dengan bersifat kualitatif, karena berhubungan dengan kejiwaan, sedangkan pertumbuhan adalah perubahan pada jasmaniah. Perkembangan dan pertumbuhan yang terjadi pada manusia tidak terlepas dari persoalan yang sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan.   Oleh karena itu, dengan mempelajari psikologi perkembangan, kita akan dapat melakukan sesuatu untuk memecahkan persoalan itu dengan bijaksana dan tepat. Sebelum mempelajari psikologi perkembangan lebih jauh, alangkah baiknya kita memahami dahulu arti, ruang lingkup, dan manfaat psikologi perkembangan.

 

  1. RUMUSAN MASALAH

Dari permasaahan dalam latar belakang, maka kami rumuskan rumusan masalah dalam makalah ini, diantaranya:

·        Apa yang dimaksud dengan psikologi perkembangan?

·        Apa saja yang menjadi ruang lingkup psikologi perkembangan?

·        Sebutkan manfaat mempelajari psikologi perkembangan?

 

C. TUJUAN

Adapun tujuan penyusunan makalah ini adalah untuk memenuhi tuguas mata kuliah PSIKOLOGI PERKEMBANGAN, di samping itu agar kita dapat mengetahui dan memahami tentang perkembangan dan pertumbuhan manusia.

 


BAB II

PEMBAHASAN

 

 

  1. PENGERTIAN PSIKOLOGI PERKEMBAGAN

Untuk membantu dalam memahami pengertian psikologi perkembangan ada baiknya terlebih dahulu di kemumukaan pengertian psikologi dan perkembangan.

 

  1. Psikologi

Psikologi berasal dari bahasa Inggris psychology. Kata psychology merupakan da akar kata yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu :

Psyche yang berarti jiwa, dan Logos yang berarti ilmu. Jadi, secara harfiah psikologi berarti ilmu jiwa.

Beberapa definisi psikologi :

William James (1842-1910) menganggap psikologi sebagai ilmu pengetahuan mengenai kehidupan mental.

 

John B. Waston (1878-1958) menganggap psikologi sebagai ilmu pengetahuan tentang tingkah laku organisme.

 

Edwin G. Boring dan Herbert S. Langfield menganggap psikologi sebagai studi tentang hakikat manusia.

 

Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mnyelidiki dan membahas tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia, baik selaku individu maupun elompok, dalam hubungannya dengan lingkungan.

 

Psikologi adalah suatu ilmu yang mempelajari secara ilmiah tentang gejala-gejala jiwa atau tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan.

 

  1. perkembangan

a.      Menurut Chaplin (2002) mengartikan perkembangna sebagai (1) perubahan yang berkesinambungan dan progresif dalam organisme, dari lahir sampai mati, (2) pertumbuhan, (3) perubahan dalam bentuk da dalam integrasi dari jasmaniah kedalam bagian fungsional, (4) kedewasaan.

 

b.      Menurut H.M Arifin (1982:45) menjelaskan :

Perekembangan menunjukan perubahan-perubahan bagian tubuh dan integrasi berbagia bagiannya ke dalam satu kesatuan fungsional bila pertumbuhan berlangsung.

 

Dari definsi-definisi di atas dapat disimpulkan bahwa perkembangan adalah perubahan yang terjadi pada diri manusia secara terus menerus kearah yang lebih maju yang nampak lebih bersifat kualitataif, karena berkenaan dengan kejiwaan.

 

  1. Psikologi Perkembangan

Psikologi Perkembangan adalah suatu ilmu yang merupakan bagian dari psikologi. Dalam ruang lingkup psikologi, ilmu ini termasuk Psikologi Khusus, yaitu Psikologi yang mempelajari kekhususan dari pada tingkah laku individu. Sedangkan menurut Davidoff (1991:7) mendefinisikan psikologi perkembangan adalah cabang psikologi yang mempelajari perubahan dan perkembangan struktur jasmani, prilaku dan fungsi mental manusia, yang biasanya dimulai sejak lahir sampai mati. Perubahan yang dimaksud disini adalah dapat menyangkut segi fisik (pertumbuhan) maupun segi psikis dan tingkah laku manusia, yang terjadi terus menerus melalui suatu proses dan tahapan perkembangan.

 

  1. RUANG LiNGKUP PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

Berdasarkan definisi psikologi perkembangan tersebut, dapat dipastikan ruang lingkup pembahasan ini sangat luas,yakni sepanjang hidup manusia. Menurut Moh. Kasiram (1983 : 51) ruang lingkup psikologi perkembangan meliputi masa dalam kandungan, anak bayi, anak kecil, anak sekolah, masa fueral, masa pra remaja, dan masa remaja serta masa dewasa.

Karena luasnya ruang lingkup ini, kadang-kadang para ahli mengkhususkan pembahasannya pada tahap tertentu saja. Misalnya, psikologi anak, psikologi remaja, psikologi dewasa.  

 

Objek Psikiologi Khusus yaitu tingkah laku yang khusus itu biasanya terjadi pada orang-orang yang mempunyai kondisi atau berada pada kondisi tertentu; contoh:

 

    • Tingkah laku khusus karena berada dalam situasi tertentu, misalnya tingkah laku orang dalam situasi belajar atau pendidikan, tingkah laku orang dalam situasi keagamaan atau ketuhanan, tingkah laku orang dalam situasi perawatan atau pengobatan; dan lain-lain orang yang berada dalam situasi tertentunya lainnya akan menunjukkan tingkah laku khusus tertentu.
    • Tingkah laku khusus yang terjadi karena orang mempunyai kondisi tertentu, misalnya tingkah laku orang yang kondisinya abnormal seperti lemah mental, orang yang kondisi jiwanya mengalami gangguan atau sakit jiwa, orang yang kondisinya criminal, orang-orang yang sedang berkembang menunjukkan tingkah laku khusus tertentu.
      Dalam mempelajari segala ilmu tentu ada manfaat atau kegunaannya, begitu pun dengan mempelajari Psikologi Perkembangan, tentu akan mendapatkan faedahnya, seperti yang dikemukakan di bawah ini:

 

  1. MANFAAT MEMPELAJARI PSIKOLOGI

Manfaat mempelajari psikologi perkembangan memang sangat besar, terutama bagi orang tua dan guru sehingga dapat memberikan pendidikan yang tepat sesuai dengan pola-pola dan tingkat-tingkat perkembangan anak. Pengetahuan tentang psikologi perkembangan akan dapat menimbulkan kesadaran terhadap diri sendiri, sehingga dapat melaksanakn tugas-tugas perkembangan dengan baik. Menurut Hurlock (1980:5-6) menyebutkan beberapa manfaat psikologi perkembangan:

  1. Membantu mengetahui apa yang diharapkan oleh anak dan kapan yang diharapakan itu muncul;
  2. Dengan mengetahui apa yang diharapkan dari anak, memungkin untuk menyususn pedoman dalam bentutk skala tinggi-berat, usia-berat, usia-mental dan skala perkembangan social atau emosional;
  3. Memungkin para orang tua atau guru memberikan bimbingan belajar yang tepat;
  4. Mengetahui perkembangan yang normal pada anak.

 

Selain menurut pemdapat Hurlock di atas, manfaat lainnya mempelajari Psikologi Perkembangan antara lain:

  1. Dapat diketahui atau ditentukan apakah tingkah laku individu itu sesuai atau tidak dengan tingkat usia atau perkembangannya;
  2. Dapat mengetahui tingkat kemampuan individu pada setiap fase perkembangannya;
  3. Dapat mengetahui kapan kita boleh dapat memberikan stimulus tertentu dan kapan kita tidak boleh memberikannya pada tingkat perkembangan tertentu;
  4. Dapat mengadakan persiapan-persiapan dalam menghadapi perubahan-perubahan yang akan dihadapi anak;
  5. Khusus bagi guru, mereka dapat memilih dan memberikan materi pendidikan dan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak didik pada tiap tingkat perkembangan pemahaman murid-murid mereka. Objek Psikologi Perkembangan adalah perkembangan manusia sebagai pribadi. Perkembangan pribadi manusia ini menurut Psikolog perkembangan berlangsung sejak konsepsi sampai mati, yaitu sejak terjadinya sel bapak ibu (konsepsi) sampai mati individu senantiasa mengalami perubahan-perubahan atau perkembangan. Perkembangan yang dimaksud di atas adalah suatu proses tertentu yaitu proses yang terus menerus, dan proses yang menuju ke depan dan tidak begitu saja dapat diulang kembali. Atau perkembangan itu secara umum dapat diartikan sebagai serangkaian perubahan dalam susunan yang berlangsung secara teratur, progresif, jalin menjalin dan terarah kepada kematangan atau kedewasaan. Istilah “perkembangan” secara khusus diartikan sebagai perubahan-perubahan yang bersifat kualitatif dan kuantitatif yang menyangkut aspek-aspek mental psikologis manusia. Misalnya perubahan-perubahan yang berkaitan dengan pengetahuan, kemampuan, sifat sosial, moral, keyakinan agama, kecerdasan dan sebagainya, sehingga akan bertambah pengetahuan, kemampuannya, bertambah baik sifat social, moralnya dan sebagainya.
  6. Dengan mempelajari psikologi, orang akan mengetahui fakta-fakta dan prinsip-prinsip mengenai tingkah laku manusia;
  7. Untuk memahami diri kita sendiri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

  1. KESIMPULAN

 

Psikologi perkembangan ialah suatu ilmu yang merupakan bagian dari psikologi. Dalam ruang lingkup psikologi, ilmu ini termasuk Psikologi Khusus, yaitu Psikologi yang mempelajari kekhususan dari pada tingkah laku individu. Sedangkan menurut Davidoff (1991:7) mendefinisikan psikologi perkembangan adalah cabang psikologi yang mempelajari perubahan dan perkembangan struktur jasmani, prilaku dan fungsi mental manusia, yang biasanya di mulai sejak lahir sampai mati.

 

Dalam psikologi perkembangan terdapat ruang lingkup atau objek yang dipelajari, yaitu meliputi perkembangan manusia dari masa dalam kandungan, anak bayi, anak kecil, anak sekolah, masa fueral, masa pra remaja, dan masa remaja serta masa dewasa. Atau dapat dikatakan bahwa ruang lingkup psikologi perkembangan mencakup proses perubahan jiwa dan pertumbuhan jasmani manusia dari konsepsi sampai mati.

 

Manfaat mempelajari psikologi perkembangan memang sangat besar, terutama bagi orangtua dan guru sehinga dapat memberikan pendidikan yang tepat sesuai dengan pola-pola dan tingkat-tingkat perkembangan anak. Pengetahuan tentang psikologi perkembangan akan dapat menimbulkan kesadaran terhadap diri sendiri, sehingga dapat melaksanakn tugas-tugas perkembangan dengan baik. Selain itu memungkinkan mengetahui apa yang dapat kita harap pada suatu usia, sehingga tidak terjadi harapan yang berlebihan atau mematikan pengharapan yang kedua-duanya akan berakibat tdk baik, dan memungkinkan kita mengethui secara tepat kapan kita harus berbuat dan apa yang harus kita perbuat untuk membantu pertumbuhannya agar berlangsung dengan baik.

 

  1. SARAN

Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat membutuhkan kritik dan saran yang sifatnya membangun agar penyusunan makalah yang selanjutnya menjadi lebih baik.


Daftar pustaka

 

http://files-netexpress.com/search.php?id=100091&search=manfaat+psikologi+perkembangan

 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Top Web Hosting | manhattan lasik | websites for accountants