Rabu, 25 November 2009

PERINGATAN HUT PGRI

Hari rabu tanggal 25Nopember 2009, saya dan rekan-rekan di MTs. Al-Mujahid menghadiri acara HUT PGRI di lapangan SMP 3 Gunungguruh Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi. Banyak guru-guru yang hadir di sana . Walaupun hujan mengguyur dari pagi, tidak menurunkan semangat pahlawan tanpa tanda jasa itu.



Namun, dalam benak saya terlintas; apakah upacara ini hanya sebatas acara ceremonial belaka? Kalau dilihat dan dirasakan, ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru, khususnya honorer, diantaranya masalah kesejahteraan; kesejahteraan guru itu sangat minim, bahkan gaji guru honorer itu di bawah UMR di Sukabumi. Namun, terlepas dari semua itu, guru tahun sekarang sedang diperhatikan oleh pemerintah. Perhatian pemerintah itu dibuktian dengan adanya Tunjangan Fungsional, BOS, Sertifikasi, dan tunjangan-tunjangan yang lain bagi guru. Sehingga banyak orang berbondong-bondong ingin menjadi guru. Sayangnya, tunjangan-tunjangan yang diberikan pemerintah kepada guru sering tidak tepat waktu.



Tidak saja masalah gaji yang kurang dari UMR bagi guru honorer, ada juga kesenjangan yang terlihat jelas antara guru PNS dengan guru honorer; kesenjangan itu terlihat ketika guru honorer mengajar di sekolah-sekolah negeri yang kebanyakan guru PNS. Dari sana bisa dirasakan bagaimana perihnya seorang guru honorer tersisihkan diantara guru-guru yang sudah menjadi PNS. Namun, tidak dipungkiri guru yang menjadi PNS ada juga yang mempunyai hati yang baik.



Saya berharap, dengan diperingatinya HUT PGRI ini bisa membawa angin segar bagi guru-guru yang masih berstatus honor. Dan program-program pemerintah yang mendukung terhadap pendidikan bisa direalisasikan dengan baik dan benar. Semoga…



Walahua’lam.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Top Web Hosting | manhattan lasik | websites for accountants